Gangguan Kehamilan di Trimester 2 yang Sering Terjadi, Apa Saja?

Kehamilan yang udah masuk trimester ke dua bermakna selesai kandungan udah masuk pada minggu ke-14 sampai minggu ke-28. Beberapa problem kesehatan pada awal kehamilan seperti morning sickness biasanya udah menyusut serta Anda mulai rasakan bertambah nyaman dengan kehamilan Anda. Namun masih ada banyak tanda-tanda gangugan kesehatan yang butuh Anda cermati.

Beberapa problem kesehatan pada trimester 2 kehamilan
1. Ngilu atau pegal-pegal
Masuk trimester ke dua, biasanya mulai berasa ngilu dibagian punggung, panggul atau vagina. Dikarenakan dapat bermacam macam, seperti kurang kalsium, otot yang tegang atau kurang banyak gerak.

2. Sembelit
Sembelit kala hamil dikarenakan oleh bertambahnya hormon kehamilan yang merubah pergerakan peristaltik usus dari ibu hamil. Mengakibatkan, otot pencernaan melambat serta mengakibatkan sembelit. Untuk menyelesaikannya, Anda dapat konsumsi banyak makanan memiliki serat serta minum air putih.

3. Seringkali berkemih
Masuk kehamilan trimester ke dua, ukuran janin bertambah besar serta udah mulai menghimpit kandung kemih. Janin akan menghimpit kandung kemih ke depan hingga berasa penuh serta bikin bumil seringkali berkemih.

4. Nampak problem kulit
Sejalan dengan ukuran janin yang bertambah besar, banyak banyak ibu yang alami problem kulit seperti stretch mark serta linea nigra dibagian perut. Problem ini tidak membahayakan serta biasanya akan hilang sesudah persalinan.

5. Timbulnya perdarahan
Ada banyak yang menimbulkan perdarahan yang dapat berlangsung di trimester ke dua. Perdarahan dapat berlangsung lantaran problem plasenta seperti plasenta previa, solutio plasenta, ruptur uterus, sampai tanda-tanda persalinan prematur. Kalau berlangsung perdarahan, seharusnya lekas kontrol diri ke dokter supaya lekas mendapatkan perlakuan.

Tidak semua problem kehamilan pada trimester ke dua yaitu problem yang beresiko serta dibutuhkan perlakuan teristimewa. Sebab itu, pahami tiap-tiap tanda-tanda problem kehamilan hingga Anda ketahui kapan keadaan genting berlangsung pada badan Anda. Seandainya berlangsung tanda-tanda yang serius, jadi lekas kontrol diri Anda ke dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *