Tips Agar Buah Tidak Cepat Kecoklatan atau Browning

Anda pasti sudah pernah melihat beberapa macam buah seperti pisang atau apel, cepat sekali berganti warnanya selesai kita potong. Masalah ini disebutkan dengan browning atau pencokelatan warna pada buah. Biar tak berlangsung, jadi kita butuh mengerjakan berbagai hal buat mencegahnya.

Browning dikarenakan ada reaksi enzim pada buah yg berhubungan adanya oksigen atau disebutkan hidrosiklasi. Masalah ini pasti membuat penampakan buah jadi tak fresh ya.

Oleh karena itu berbagai hal yg dapat kita kerjakan buat mencegahnya, merupakan:

1. Kasih perasan dari buah asam
Perasan dari jeruk atau lemon mempunyai kandungan asam yg tinggi. Masalah ini akan memberikannya dampak anti-oksidan pada buah hingga reaksi enzimatik pada buah dapat dihindari. Lazimnya masalah ini yg seringkali dilaksanakan buat menghindar berlangsungnya browning pada buah. Tapi menambahkan air perasan ini pasti kira-kira akan merubah citarasa buah, ya.

2. Pemrosesan suhu tinggi
Pemrosesan suhu tinggi, contohnya secara mengukus, merebus atau gunakan microwave yg dilaksanakan dengan cepat, contohnya buah apel atau pir dimasukkan di air rebusan saat 3-5 menit dalam suhu 80-100 derajat celsius, akan menghindar berlangsungnya browning pada buah.

3. Membekukan buah
Enzim pada buah pasti tak aktif pada suhu beku, adalah 0 sampai 24 derajat celsius. Perihal ini pula yg membuat pembekuan bahan makanan, jadi efisien buat menghindar browning.

Terkecuali itu, bila kita udah memangkas sayur serta buah, jadi semestinya lekas olah serta mengonsumsi buah itu sebelum berlangsung browning.

Bila olahan butuh buah apel atau pir berbentuk potongan, contohnya buat es buah atau salad buah, atau juice, pikirkan buat memberikan tambahan perasan air jeruk nipis es buah, salad atau juice ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *